Jumat, 07 Maret 2014

Candi Singhasari, Direktori sejarah Malang



Kota Malang memang memiliki banyak objek wisata, dan salah satu wisata sejarah yakni Candi Singhasari, silahkan lihat direktori kota Malang atau bisa disebut candi Singasari ataupun candi Singosari. Candi ini merupakan candi Hindu Budha, yang merupakan peninggalan kerajaan Singhasari. Lokasi dari candi ini terletak di desa Candirenggo, kecamatan Singosari, kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Lokasi tersebut berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Malang, terletak diantara dua gunung, yakni pegunungan Tengger dan gunung Arjuna, dan berada di ketinggian kurang lebih 512 meter di atas permukaan laut.

Candi ini dibuat dari batu andhesit, jenis batu apa itu? Nah saya belum riset hehe..  Candi ini diperkirakan digunakan sebagai gerbang dari keberadaan gunung Arjuna. Karena memang sedari dulu kala gunung arjuna banyak digunakan oleh para pertapa.


Arca-arca yang terdapat di candi singosari ini antara lain, arca Durga, arca Ganesha, arca Siwa – Guru (Resi Agastya), arca Prajnaparamita, namun ada beberapa dari arca – arca tersebut yang sudah dipindahkan ke museum, yakni Museum Nasional Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar